Pages

Kamis, 31 Mei 2012

Danau napabele (sulawesi tenggara)

Diposting oleh "Made Wijayanti Rahayu" di 23.29





Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan sumber daya alam yang dapat dikembangkan sebagai obyek wisata. Salah satu dari sekian


banyak sumber daya alam tersebut adalah Danau Napabale. Danau Napabale merupakan danau asin yang berada di kaki bukit tapatnya di Desa Lohia, Kabupaten Muna. Asinnya danau ini disebabkan oleh laut yang ada di sebelahnya.

Keduanya dihubungkan oleh terowongan alam sepanjang 30 meter dengan lebar 9 meter. Pada saat air surut, terowongan tersebut bisa ditelusuri dengan menggunakan perahu pincara. Akan tetapi, apabila air laut sedang pasang, terowongan tersebut akan tertutup air sehingga tidak dapat dilewati.

Selain terowongan, Danau Napabale juga menyajikan panorama alam yang sangat indah berupa hamparan pepohonan yang menyejukkan, gelombang air danau yang lebih tenang dibandingkan dengan teronggok danau di sekitar danau.

Di lokasi ini, Anda bisa menikmati dua pesona wisata alam sekaligus, yaitu danau dan pantai. Keindahan danau bisa dinikmati sembari berlayar di atas sampan atau dengan menyelam sembari menyaksikan pemandangan bawah air yang menakjubkan. Bagi Anda yang ingin menjelajahi danau, terdapat penyewaan perahu yang disediakan oleh nelayan yang tinggal di sekitar danau.

Keindahan kawasan ini tidak sampai di situ saja, masih ada obyek wisata lain yang letaknya hanya beberapa kilometer dari Napabale. Obyek wisata tersebut adalah sebuah situs purba berupa gua yang diberi nama Layang-layang. Di dalam gua yang bentuknya menyerupai ceruk itu menyimpan lukisan-lukisan hasil karya manusia pada masa prasejarah.

Untuk bisa menikmati keindahan kawasan ini, ada dua akses transportasi yang tersedia, yaitu udara dan laut. Jika Anda menggunakan kapal laut, perjalanan dimulai dari Pelabuhan Nusantara yang terdapat di Kota Kendari menuju Pelabuhan Raha di Kota Raha dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Dari Pelabuhan Raha, Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan katinting (perahu bermesin) menuju Teluk Muna yang kebetulan bersebelahan dengan Danau Napabale dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Sedangkan jika Anda menggunakan jalur udara, perjalanan dimulai dari Bandara Walter Monginsidi yang terletak di Kota Kendari, menuju Bandara Sugimanuru yang terdapat di Kabupaten Muna, atau 25 km dari Kota Raha.

Tunggu apa lagi? Keindahan alam Danau Napabale sudah menanti untuk segera Anda kunjungi. Yuk, ajak keluarga untuk berlibur di danau ini!

0 komentar:

Posting Komentar

YouTube

Download youtube Video

ShareThis

 

Made Wijayanti Rahayu :) Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review